Monday, July 30, 2007

Laporan wiken


Ternyata aku tidak setegar batu karang juga tidak sekuat gatot kaca…. Hari demi hari yang aku lalui penuh dengan airmata yang tertahan, sesak rasanya dada ini.

Kamis kemarin tanggal 26 juli 2007 papa dony di kemo, Alhamdulilah berjalan lancar proses kemo Cuma 8 menit karena obatnya emang sedikit. Hingga sore hari papa dony masih segar, dia bilang ”lidah aku mulai kelu nih, liatin deh kebakar engga?”
Makan masih mau walaupun keliatan dipaksakan. Oke deh berarti lancar kemo pertama ini, diputuskan besok untuk pulang kerumah sampai menunggu waktu kemo berikutnya hari kamis 2 Agust 2007.
Jumat papa dony pulang kerumah jam 11.00 wib, tapi mulai susah makan lagi mungkin masih belum selera, sorenya aku ijin ke papa dony untuk jemput mama di stasiun jatinegara. Dibolehin karena masih ada Grandma & Aki yang nungguin dirumah. Sempet sms an sama elvan yang lagi bete nunggu macet pulang kantor, begitu mama dateng elvan juga udah sampe ke C4 jadi selesai deh smsan nya.
Sampai dirumah Grandma & Aki pulang dengan janji besok kesini lagi buat jaga dony karena aku mau kemeruya nganter mama (ada acara seserahan, anak pertama tante aku mau nikah). Malemnya papa dony makan Cuma 10 suap, minum susu seperti biasa. terus kita tidur bertiga...oh indahnya.... tengah malem papa dony sempet bangunin aku ”ma pispotnya udah penuh, dibuang dulu” dengan masih terkantuk-kantuk aku kekamar mandi buang pipis terus bersihin pispot. Aku baru sadar kalo aku nih kebluk banget, aku cuek aja tidur sementara si papa engga bisa tidur karena sesak dan sakit di dada.
Paginya dengan kesibukan seperti biasa bangunin raul *susah banget pake acara ngamuk* nganter raul sekolah terus pulang lagi suapin papa dony makan.
”ma, ntar grandma dateng gak?” tanya papa dony
”iya tapi nanti jam 11 an, papa kenapa? Sakit?” sambil aku usap2 dadanya
”papa tau gak?...rasa sakit ini akan segera hilang kalau papa minta ampun sama mama, sama ibu kandung kamu karena syurga ada ditelapak kaki ibu” *aku bicara seperti itu karena satu dan lain hal yg tidak bisa aku ungkapkan disini*
Waktu sudah menunjukkan jam 09.30 saatnya jemput raul, tapi kok ya aku gak tega ninggalin papa dony lagi anfal begitu.
Aku telpon halimah suruh pulang naik angkot aja, eh si halimah engga bawa duit dan aku juga lupa ngasih duit buat ongkos....”ya udah mah sana jemput raul dulu kasian”
Kebetulan ada teh ai dibawah ”teh punten jagain dony dulu sebentar aku mau jemput raul”
Pulang dari jemput raul, papa dony masih keliatan meringis-ringis gitu...aku malah sibuk didapur mau masak supaya papa dony mau makan, gak berapa lama mamah aku kebawah ”mon iu dipanggil dony” aku buru2 keatas
”kenapa ni?”
”mama jadi kan kesini? Kamu ngapain sih dibawah lama amat?”
”aku mau masak buat kamu”
”gak usahlah”
Terus lagi ngobrol2 gitu aku denger suara grandma...”tuh mama dateng”
Eh bener mama langsung kekamar, langsung aku bilangin ”grandma dari tadi ditunggu dony tuh”
”oh iya...” baru ngomong gitu tiba2 papa dony langsuk meluk grandma erat
”mama maafin dony mah...dony udah gak kuat, mau pulang aja..sakit banget” sambil berurai airmata. Aku langsung terhenyak...hah? semua panik...semua keluarga dikumpulin untungnya emang semua berniat mau kumpul/dateng *masalah itu lho trul* dony minta maaf kesemua family, minta dibacain Yasin....dan kebetulan ada pak Ustad dateng mau nengok dony, terus dony dibimbing dzikir.....sampai pada denyut nadi di kaki papa dony itu hilang...tapi badan papa dony panas. Mama tlp Dr. Budi Antariksa supaya dateng kerumah dan Alhamdulilah Dokter budi bersedia.
Seperti mimpi buruk...aku bingung...aku mesti gimana, dulu waktu dony koleps dan koma perasaan aku biasa aja gak takut kehilangan....tapi sekarang ngeliat kondisi seperti ini kok hati ini rasanya masih berat, bagaimana nanti....apa yang akan terjadi jika....
Pak Joko manggil aku keluar kamar ”mona kamu harus ikhlas, kamu cium telapak kakinya sambil minta maaf ynag sedalam2nya dan bilang kalau kamu rela dan iklas”
Aku masuk kamar lagi dan langsung meluk papa dony ENGGGAAA kayaknya aku gak sanggup berbuat seperti itu...”jangan nagis dong ma” kata papa dony...serrr...seperti disadarkan kalau aku begini kasian papa dony tersiksa, akhirnya aku lakukan apa yang pak Joko minta. Tiba- tiba papa dony tersenyum....meluk aku... fiuhhh badannya mulai seger lagi, mulai merah lagi engga sepucat tadi. Sambil terus dipijit sama mba ayu *tukang urut refleksi* Alhamdulilah papa dony bicara lagi
”Alhamdulilah ma, aku udah lega aku udah enakkan engga sesak seperti tadi”
Mungkin maksudnya menyampaikan sudah minta maaf sama mama dan keluarga yang lain jadi lega.....dilanjut dengan sholat Dzuhur bersama. Terus Dokter menyarankan untuk kembali keRS jadi kalo terjadi anfal lagi bisa langsung ditindak cepat, tapi dokter tidak memaksa terserah dony nya aja.
Keluarga memutuskan untuk di bawa ke RS aja lagi. Makanya sabtu kemarin papa dony masuk ke RS.lagi... tidak ada tindakan apa2 dirumah sakit, infus atau obatpun engga ada.
Penjelasan Dokter :
”kondisi papa dony emang akan up down terus seperti itu, paru-parunya itu sudah tertutup kanker, yang bekerja hanya paru atasnya saja. Memang kalo menderita kanker paru itu tidak ada yang sekuat papa dony. maksimal 2 tahun s/d 2,5 tahun contohnya Chrisye. Tim medis pun berusaha untuk membuat pasien nyaman bukan mengobati pasien karena memang sudah tidak bisa diobati lagi, kita hanya bisa berikhtiar meminta mukzizat dari Allah”

So...laporan wikennya sedih yaa...aku kembali rutinitas hari2 di rumah sakit. Sejak Kamis engga masuk kantor baru sekarang kekantor...sedikit runaway....
Tengkyu bunda udah sms aku...

26 Comments:

  • hehe.. dua org yg lg bete sms'an pas banged timingnya! Alhamdulillah kondisi Papa Dony membaik... mani sedih ih.. daku doain mdh2an Allah ngasi yg terbaik buat dikau n kluarga..amin

    By Blogger El van, at 1:31 PM  

  • alhamdulillah... ikutan lega... moga tetep stabil ya...
    satu masalah dah plong ya mon.
    big huggggg...

    By Blogger Keira Adzra Athayya, at 1:44 PM  

  • Tetep sabar ya bun.. moga kondisi pak Dony bisa stabil..
    Usia semua Allah yg menentukan, tetep jangan antang menyerah n putus asa.
    Minggu juga aku terima sms dr bu prima soal ini, cuma aku br bisa bw skg nih.

    By Blogger salma, at 2:01 PM  

  • Alhamdulillah semua masalah sudah diselesaikan, dan semoga juga Papa Dony cepat sembuh kembali. Kita doakan selalu, biar Mama Mona dan Raul bisa ceria kembali. Impossible is nothing ya mom...*hug*

    By Blogger Ryuta Ando, at 2:13 PM  

  • Syukur dah membaik ya... mudah2an terus membaik... big hug...

    By Blogger mamoy, at 2:18 PM  

  • duuh jadi pengen nangis lagii..

    mudah2an Allah kasih yg terbaik buat mbak Mona sekeluarga yah? Keep thinking positively yah mbak..emang aku ngga ngerasain apa yg mbak rasain siy..tapi at least aku nyuport mbak..bahwa meskipun mbak tuh ngucurin airmata tiap hari, mbak Mona tetep superwoman..

    By Blogger Greiche Gege, at 2:21 PM  

  • Alhamdullilah udah stabil keadaan papa dony...

    Buat mama mona "jaga kesehatan juga donk yah ;)"

    Buat Aul...sun dr najwa 'n bunda ;)

    By Anonymous Anonymous, at 2:34 PM  

  • waaaa aku jadi ikutan nangis! soale jadi keingetan dulu waktu ayah utam juga keik begini... ayo mona! jangan putus asa. Allah pasti akan berikan jalan terbaik buat kamu!! papa dony, semangat terus ya...

    By Blogger primaningrum, at 3:09 PM  

  • Ceu Mona .... aku ikut menangis dan tersenyum nih ... :)

    Terus bimbing Papa Dony berdoa dan berdoa ya ceu ...

    By Blogger Nita Fernando, at 3:21 PM  

  • ceu, beneran yang ini berkaca2 lagi.kayaknya klo gak ada orang dah nangis beneran nih dikantor..apapun hasilnya..aku rasa emang itu yang terbaik buat ceu mona & keluarga..kita sudah berusaha sekuat tenaga semuanya kita pasrahkan lagi kepada Alloh SWT. yang tabah yah ceu..beneran aku kagum ama ketegaran dikau..sun sayang buat aul

    By Blogger mutia and rayga, at 4:28 PM  

  • Mon... gw bener2 nangis sambil doain lu sekeluarga.. Allah sayang banget Mon sama elu n keluarga..
    gw pengen peluk lu deh..

    By Blogger Toko Fiara, at 4:56 PM  

  • Big hug for you Mon....
    sampe berurai air mata aku baca dikau yang tiba-tiba ngerasa gak tegar...terbawa suasana kali ya Mon, karena aku yakin, Mona tetep tegar kok, apalagi banyak orang yang menyayangi Mona sekeluarga...

    salam buat Aul ya Mon

    By Blogger Inayah, at 5:21 PM  

  • Mon,aku coba telpon kamu beberapa kali, tapi ga diangkat, sorry ya, pengen tahu aja gimana papa dony :( aku wiken kemaren sms an sama mbak prim.
    Denger kabar wiken kamu, moga2 papa dony diberi kesembuhan dari Allah SWT. amiin ...

    ***HUGS***

    By Anonymous Anonymous, at 5:43 PM  

  • Mona, salut ama ketabahan dirimu. Nia cm bisa bantu doa dr sini. Semoga Papa Dony kian membaik dan sehat lagi, amin...

    By Blogger Nia, at 8:28 PM  

  • you're a strong woman, you'll be through it...:)

    By Blogger kiky f, at 8:48 PM  

  • Mon gw hanya bisa mendoakan semoga dikau diberi kekuatan dalam menjalani ini semua, begitu juga dengan papa doni, blio diberi kekuatan & keikhlasan dalam sakitnya, serahkan semuanya kepada Allah SWT, karena Allah sebaik-baik pemebuat keputusan

    By Blogger Tety Kurniati, at 8:07 AM  

  • Mba Mona yang sabar dan tabah ya,bimbing terus tanpa putus asa utk Papa Dony berdoa dan berdoa. Aku kenal mba Mona wanita superwoman, sprti istri gatutkaca ayo mba tetep tegar kami semua ada didekatmu, hanya do'a dr jauh ku utk keluarga mba Mona.

    cepet sembuh Papa Dony, Raul kangen akan belaianmu kasih sayangmu, ayo bangkit demi Raul ya Papa Dony

    By Anonymous Anonymous, at 8:57 AM  

  • baca postingannya, gue jadi ikutan sesak deg-degan...syukur alhamdulillah endingnya bagus. Smoga stabil terus kondisi papa dony n mama mona juga selalu ikhlas dan sabar ya...big hugs.

    By Blogger Bunda Aurell, at 9:00 AM  

  • Mon jangan pernah patah semangat ya, Allah tau semua yg terbaik buat hambaNya. Gw sedih tiap kali baca postingan lu gw cm bisa ikut mendoakan semoga papa donny diberi kesembuhan dan kekuatan selalu, dan semoga dikau n keluarga selalu di beri ketabahan n kekuatan amin.

    By Blogger Yosie, at 9:52 AM  

  • This comment has been removed by the author.

    By Blogger Yosie, at 9:52 AM  

  • Mona, turut berdoa untuk kebaikan Mona dan keluarga. Sun sayang untuk Raul. Bantu mama merawat Papa Dony ya sayang....

    By Blogger Sita, Bunda-nya Calya, at 12:23 PM  

  • sedih banged bacanya...
    smoga Allah memberikan mukjizat kesembuhan buat papa dony.
    Mon.. sabar ya... tetap kuat dan semangat ya..

    By Blogger bundanya i-an, at 3:04 PM  

  • Alhamdulillah mbak... smoga Allah slalu memberikan yg trbaik buat Papa Dony,, moga kemo kamis besok jg dapet hasil bagus yaa Mam *Insya Allah.. Amin..:)

    By Blogger Diah Alsa, at 3:20 PM  

  • Mom Mona yang sabar ya..udah bagus banget masih bisa kuat dan tegar yaa...kl aku mungkin ngga bisa kaya mba Mona.

    Semoga papa Dony ngga sakit2 lagi ya...bisa sembuh tetep berdoa terus yaa...semoga diberikan kesabaran agar diangkat kesakitan yg ada di tubuhnya...semoga Allah mau meringankan beban papa Dony, amin...

    By Anonymous Anonymous, at 7:30 PM  

  • Alhamdulillah keadaan papa Dony semakin membaik. Semoga semakin membaik ya Mon.

    By Anonymous Anonymous, at 9:58 AM  

  • Alhamdulilah .. walaupun bacanya hampir shock jg tetapi akhirnya Papa Dony bisa melewati anfal ya... Semoga akan ada mukjizat yg lebih dari ini semua.. Kita semua ikut mendoa-kan jg kok Mon...Yg tegar ya say..

    By Blogger Mom of Calysta 'n Clarissa, at 11:43 AM  

Post a Comment

<< Home