Tuesday, August 21, 2007

Day By Day......

Rabu, 8 Agustus 2007 karena Raul Kamis sekolah mama putuskan tidak tidur dirumah sakit biarlah Aki & Grandma yang nemenin, tapi berhubung buah merah ketinggalan mama harus nganter ke RS, begitu sampai ke RS papa dony lagi diurut sama mba ayu dengan nafas yang tersengal sengal, satu-satu...ngik...ngik...ngik....like orang Asma. Aku Cuma bisa terperangah dengan menitikkan airmata...”lho...shh... kamu ...shh...kenapa...sshh...nangiss?” tanya papa terbata-bata. Aku ngegeleng kepala juga gak ngerti kenapa aku nangis. Aku capek mengikuti cara nafas papa dony, trus tiba-tiba papa memejamkan mata... mba ayu tereak... ”Donnnn... Donyyy.... AshaduAllahilahailallah Wa Ashaduana Muhammaddarosullullah.... MONA...nadinya hilang, bisikkin ditelinganya terussss” Aku langsung mengikuti perintah mba ayu, Grandma kebangun *lagi tidur* terus papa juga dibangunin. Grandma panik semua ditelpon suruh kumpul di rumah sakit. Rameeee banget...tapi Alhamdulilah dony engga pa-pa, nafasnya saja masih yg tersengal-sengal...setelah keadaan terasa aman, mereka pada pulang dengan catatan kalo ada apa-apa lagi minta ditelpon...
Sepanjang malam dony gak bisa tidur karena kondisinya memang bikin susah tidur walaupun mata mengantuk. Grandma ngaji terus sepanjang malam, kalo aku sempetin tidur...kebangun menjelang subuh karena Grandma panik melihat dony anfal lagi terus agak-agak memejamkan mata. Ditelpon semua keluarga inti, without Raul mereka datang lagi kerumah sakit...”raul udah bangun tapi gak mau diajak kesini”
Jadi hari Kamis pagi/subuh, 9 Agustus 2007 kita ngumpul lagi....raul kesekolah seperti biasa tapi tidak diantar mamanya, raul kesekolah naik bajaj sama Halimah. Aku bolos lagi, aku berusaha memasukkan makanan ke dony, tapi dony udah engga bisa ngunyah ”sesak....” gitu katanya.
Sarapan pagi hanya 50cc susu, dilanjut dengan minum air putih terus.....Siangnya sempet makan 5 sendok makan. Sore Dr. Hudoyo menjenguk, dony minta dikasih obat penenang biar bisa tidur sejenak...”dok, aku sesak sekali...dan belum tidur dari kemarin” keluhnya
”baik nanti saya kasih resep obat penenang dosis rendah yaa...” jawab si dokter. Dony mulai diinfus makanan lagi karena engga bisa ngunyah tea. Keluarga masih berdatangan silih berganti, aku mulai ngantuk lagi...tidur sejenak sambil menunggu martabak dari mba ati, kira2 jam 9-10 an mba ati datang...kita makan martabak, aku tawarin dony engga mau...terus keliatannya sudah mulai mengantuk dan tertidur... kita tenang liat dony tertidur gitu... aku, grandma dan aki tidur juga... menurut grandma tadi dony minum sendiri pake tutup botol Aqua terus mungkin lanjut minum obat penenang itu.
Jumat, 10 Agustus 2007 Saat subuh, mama bilang dony kebangun minta dibangunin...oo mungkin dony masih terpengaruh obat penenang...
Aku tidur dikarpet bawah, tiba-tiba ada yang lempar aku pake buku Majmu Syarief, aku langsung kebangun ternyata dony yg ngelempar....
”kenapa ni?”
”bangunin aku dong, pake air kek...atau minta obat penawarnya”
Aku usahakan untuk ngebasuh muka dony, kompres matanya pake air dingin, ngedudukin badannya dony, ngeganti bajunya yg basah. Kasih minum air zamzam, susu.
Tapi hati ini kok reuwas yaa..kaki aku lemes banget, perasaan engga enak banget...udah gitu aku mesti kekantor karena kunci brankas ada di aku jadi mau gak mau mesti berangkat kekantor.
”Don...don...donyyy...”aku bangun2in
”iyaaa...knapa?”
”aku kekantor boleh gak?”
”iya...pergi aja aku ngantuk nih...” jawab dony singkat terus...zzz...tidur lagi.
Sebelum berangkat kekantor. Ya sud aku pergi juga dengan rasa berat hati, berhubung perasaan ini gak enak....aku kekantor Cuma kasih kunci terus balik lagi ke RS...mampir dulu ke BCA ada yg mesti dibayar. Kira-kira jam 12an aku udah di RS lagi dony masih belum bangun, aki sudah pergi kemesjid Sholat Jumat....
”Don...dony...aku dateng nih” dony kebangun...
”sakit” sambil nunjuk leher, iya lah kan tidurnya sambil nganga untuk nafas....aku kasih minum.
”panggilin suster” kebetulan ada suster tin. Ternyata dony minta sama suster untuk obat penangkalnya supaya dia tidak tidur terus, karena sudah lebih dari 8 jam. Suster bilang ”tidak ada obat penangkalnya, kang dony minum air putih aja yg banyak...minum susu...” aku suapin air putih lagi...air zamzam juga...air aloevera juga... terus tidur lagi.
Duh...aku makin gak enak aja...kaki aku rasanya lemessss banget....detik demi detik aku baca – bacaan aja. Sampai waktunya Ashar....mama tlp keluarga inti lagi disuruh pada datang, SEMUA KUMPUL.... yang datang duluan mama ai & teteh dina. Aku pasrah...dony sekarang digoyang-goyang juga engga bangun....aku yakin dony mendengar kita, aku bisikkan ditelinganya ”dony kalo mau pergi...pergi aja, aku kuat dan Insya Allah sanggup membesarkan Raul....banyak yang sayang sama kita ni...aku banyak dosa sama dony, aku minta maaf...aku sering bohong sama dony,..Ampunin aku...aku gak tega liat keadaan dony...kalo mau pergi – pergi aja ni...jangan berat sama aku & raul...seandainya dony memaafkan aku ikutin aku baca syahadat yaa...AshaduAllahilahailallah Wa Ashaduana Muhammaddarosullullah....ayo nii...ikutin aku....kalo kamu mau pergi...sebelum pergi kamu baca ini dulu yaa... AshaduAllahilahailallah Wa Ashaduana Muhammaddarosullullah...”
Dan Subhanallah dony bangun...liat aku...sambil tersenyum
”maafin aku juga ya... AshaduAllahilahailallah Wa Ashaduana Muhammaddarosullullah”
Plek tidur lagiii....hwaaa...aku nangis....Inalilahi wainalilahi rojiunnn......aku ikhlas ni....Ikhlas Ridho...
Sejak saat itu dony tidak berkata-kata lagi....begitu semua keluarga kumpul...dia sempet bangun keduduk tersenyum terus tidur lagi.....ada pak Ustad Syakier yg ngebimbing doa kita, dia bilang ”ruh nya masih kuat hanya badannya yg sudah rapuh”
Menjelang Maghrib, aki ngebimbing dony sholat berjamaah….walaupun kita tidak tau dony mengikuti atau tidak….begitu juga sholat Isya....
Oh iya raul juga ada, dia juga berdoa untuk papanya sambil pegang dada papanya...”YA Allah Sembuhkan papaku”
Grandma mau dony pergi dalam keadaan sadar....dan akhirnya pada jam 10. mama ngebangunin dony...”Don...dony sadar?”
Dony ngangguk
”tadi Ashar, Maghrib dan Isya dony sholat?” tanya papa
Dony ngangguk
”sekarang ikutin mama ya...Allah...Allah....” Alhamdulilah dengan suara yg sangat sangat parau dony menyebut Allah...Allah....lalu mengatuplah mulutnya hilang sudah nafasnya....aku yang dihadapannya sambil ngegendong raul hanya bisa melelehkan airmata, teringat pesan papa dony yang engga mau ditangisi....
Seperti mimpi....ingin teriak...ingin meraung raung....tiba-tiba raul kasih jari telunjuk ke aku....”eit...eit...mama gak boleh nangis....toss dulu”
”iya sayang....kita gak boleh nangis yaaa....”
Raul pulang duluan kerumah bersama yg lain untuk memepersiapkan segala sesuatunya dirumah....aku & Grandma mengurus dikamar jenazah...pulang bersama jasadnya dony di ambulans.....
Ya Allah....kuatkan hambamu ini.....
Semua dokumentasi lengkap dari photo sampai ke video....tapi mohon maaf belum ditampilkan karena masih belum kuat melihat itu semua....

44 Comments:

  • speechless Mon baca bagian cerbungnya....
    Dony tenang banget ya Mon, mudah-mudahan Allah memberikan dony tempat yang indah di sisi-Nya.

    Dan sungguh, aku makin salud sama dikau Mon, ketegaran yang sudah dibangun selama ini mapu menghadirkan ketabahan dalam diri Mona sekeluarga...

    Kiss for Aul ya Mon

    By Blogger Inayah, at 11:21 AM  

  • aku nangis lagi mon.. sorry yah mon.. udh denger ceritanya dr Mona waktu dirumah tea aku nangis skrg nanghis lagi jadi mlau sama Mona hehe.. Insyaallah Dony udh dpt khusnul khotimahnya yah amienn..semoga dilapangkan dan diterangi kuburnya amienn... bug hugs buat aul toss dulu raull siippp!!!

    By Blogger SE, at 11:31 AM  

  • mba, aku blm pernah kenal mba, tapi aku selalu baca blognya mba Mona. Semoga mba Mona selalu diberi ketabahan dan mudah2an papa Doni diterima segala amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya dan diampuni semua dosa-dosanya. Amin.

    By Blogger Wardha, at 11:41 AM  

  • salam kenal mbak mona..

    Kami bertiga berdoa semoga papa dony dilapangkan kuburnya dan mama&kak raul diberikan ketabahan dan kekuatan..
    Kita taunya dari ibunya kakak kei dan mami shella

    By Blogger Bunda Zua, at 12:18 PM  

  • Subhanallah,, tenang ya Mbak perginya Papa Donny nya Aul... hikzz.. jadi nangis saya Mbak, baca bagian trakhir, Aul yg ngasih jari telunjuk ke Mama Mona sambil ingetin gk boleh nangis... duuhh Aul sayang,, tabah nya adekku ini.. dy tuh dah ngerti yaa Mbak... *ingin lari meluk Aul and Mama Mona...:((

    smoga Papa Dony nya Aul dah tenang disana, Amin.....

    By Blogger Diah Alsa, at 12:33 PM  

  • Subhanallah, dari ceritanya terlihat tenang sekali.. Semoga Papa Dony Khusnul Khatimah ya teh Mon,,

    Sun Sayang buat Aul,, Anak pinter! Kapan kita main2 ke ragunan laghii..? :)

    By Blogger intanariestya, at 12:47 PM  

  • Mon, aku gak kuat baca postingan ini, maaf klo aku menitikkan air mata bknnya mo nambah kesedihan dikau. Subhanallah.. donni bisa pergi dgn tenang ya mon semoga khusnul khotimah, amin.

    Sayang tiap kali ke rumah kita gak pernah ketemu ya mon, doa gw selalu buat mona, aul n keluarga.

    By Blogger Yosie, at 12:47 PM  

  • Subhanallah, mbak Mona begitu tegar nya. Kita doakan bersama, semoga papa Dony tenang di alam sana ya....:)

    By Blogger Syamsul Qamar Family's, at 12:50 PM  

  • Subhanallah..papa Dony pergi dengan tenang semoga khusnul khotimah..

    Sempet mo netesin air mata niy..maaf ya Mon.. Aul juga bisa tegar ya.. ngingetin Mama tuk gak nangis...

    Luv U..

    By Blogger Mom of Calysta 'n Clarissa, at 12:53 PM  

  • maaf mbak. kalo kemaren2 aku baca postingan trus terima sms mbak mona, aku masih okey..tapi buat kali ini daku gak kuat..kepaksa nangis.. kepergian papa Raul begitu indah yah? Mudah2an papa Aul diletakkan di tempat orang2 sholeh dan mbak Mona & Raul juga dikasih kekuatan sendiri.. I know that Papa Raul will always be in your heart forever and ever..

    By Blogger Greiche Gege, at 1:09 PM  

  • Subhanallah Indah ya mon meninggal nya papa dony ... Semoga kita juga meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah ... amiin

    By Anonymous Anonymous, at 1:15 PM  

  • Mon... tambah speechless gw euy... inshaallah Dony menghadap Sang Khaliq dengen khusnul khotimah.. bener kata imam sholat jenazah kalo Dony termasuk org yg baik & sholeh.. :D

    By Blogger Toko Fiara, at 1:26 PM  

  • Subhanallah.. Benar2 dimudahkan banget jalannya Dony. Maaf ya Mon aku nangis ngebacanya...
    Mudah2an alm mendapat tempat yang indah dan beserta orang2 yang shaleh.. Amien

    By Blogger Nunik, at 1:28 PM  

  • sedih banget bacanya...
    smoga papa dony diberikan tempat yang terang dan lapang...
    dan smoga mama mona dan raul dikasih kekuatan....

    By Blogger bundanya i-an, at 1:34 PM  

  • Subhanallah, moga almarhum diberi tpt yg terbaik di sisi Allah SWT...

    By Blogger nila_aura, at 1:44 PM  

  • speachless mon... semoga Dony diberi tempat di sisi Nya.... amin

    By Blogger mamoy, at 1:48 PM  

  • subhanallah........begitu lapangnya jalan untuk papa dony...
    smg khusnul khatimah..

    mona, terus terang aku bangga punya temen kamu..
    anugrahkan kebahagiaan dan kekuatan kepada temanku mona ini ya Allah dlm membesarkan raul, dan mudahkan jalannya selalu ya Rab..

    By Blogger bundAzkaFaqih, at 1:50 PM  

  • Ceu, speechless .... tapi semua memang sudah kehendak-Nya, Alhamdulillah Papa Dony bener2 dalam keadaan husnul khotimah yaa ... mudah2an Papa Dony selalu tersenyum liat Ceu Mona disini :)

    Ceu, I'm proud of you ... juga Raul :)

    By Blogger Nita Fernando, at 2:01 PM  

  • Subhanallah ceu mona.. bener2 ya jalannya papa dony dimudahkan Allah.. hiks2 gw sampe terharu bgt bacanya *mau nangis ada bos siy didepan jd ditahan2*

    semoga almarhum mendapat tempat yang paling indah di sisi Allah.. aminnn..

    sun sayang buat Aul ya ceu..

    By Anonymous Anonymous, at 2:01 PM  

  • kami sekeluarga ikut berduka cita.. smoga almarhum papa dony dilapangkan & diterangkan kuburnya.. serta mona & raul diberi ketabahan & kemudahan dlm semua urusan. amiiin

    By Blogger Anggorowati, at 2:53 PM  

  • Mon..kalo saya jadi Mona, bahagia lihat Dony 'pergi' dengan khusnul khatimah..sempat bersyahadat dan kata terkahir yang diucapkannya adalah panggilan kepada Rabbnya..

    Semoga kita semua bisa pergi dengan khusnul khatimah juga.Amiin

    By Blogger Ellen Widyasari, at 3:34 PM  

  • Papa Dony meninggalnya tenang banget ya, benar-benar khusnul khotimah..cara kepergiannya begitu mudah..insya allah almarhum benar-benar diberi tempat yang sangat baik disisi-Nya, dilapangkan kuburannya. Amin..

    Raul..kamu masih kecil tapi udah hebat deh, jaga Mama ya sayang. *hug*

    By Blogger Ryuta Ando, at 3:53 PM  

  • Subhanallah.. bagus n tenang sekali Pak Dony 'pergi'nya... , semoga mendapat tempat yg paling indah disisiNya, Amienn...

    By Blogger salma, at 4:01 PM  

  • subhanallah....papa dony pergi dengan tenang ya mba mona,semoga mendapatkan tempat yg paling baik di sisiNya,terus mba mona dan raul selalu diberikan ketabahan,amien

    By Blogger Sekarani, at 4:05 PM  

  • Subhanallah, begitu kuat teteh menghadapinya.. saya turut berduka dan yakinlah ini adalah jalan yang terbaik buat teteh dan keluarga..

    alhamdulillah Allah memberi kemudahan bagi papa dony semoga arwahnya tenang di alam sana.. amin.. aminn

    By Blogger Dian Wulandari, at 4:13 PM  

  • mona.... pas denger langsung ceritanya dirumah, aku gak nangis!! tapi kok sekarang aku jadi nangis ya... maaf Mon, bukannya gak inget pesen papa Dony kalo gak mau ada yg nangis!! Aul hebad keik mama-nya

    By Blogger primaningrum, at 4:41 PM  

  • inna lillahi wa inna ilaihi rajiun...
    mama raul, yang tabah ya.... *hug yangeratsekali*

    By Blogger Hannie, at 12:30 AM  

  • SubhanaAllah, Papa Dony meninggalnya khusnulkhotimah aminn...*aku juga pernah ngalamin sprti ini mba cuma beda penyakitnya aja, Bpkku alm. saat sakaratul maut juga di rs jd kebayang deh* maaf mba aku ikut nangis juga...


    btw, utk mba mona, Aul n keluarga di beri kesabaran n kekuatan aminn

    By Anonymous Anonymous, at 9:07 AM  

  • Subhanallah aku nggak tau mesti bilang apa. Mona kuat banget ya. Tabah, ikhlas. Mona maaf banget ya aku nangis baca postingan ini. Semoga papa Dony mendapat tempat yang indah di sisi Allah ya.

    By Anonymous Anonymous, at 9:36 AM  

  • Innalillahi....turut berduka ya mona.sekalian salam kenal,meski baru kenal duh baca setorinya bikin airmata saya meleleh juga.kebayang sama ananda yang masih kecil.Smoga arwah papa raul dimudahkan menuju cahaya surga,amiin...amiin...amiin.mona juga dikuatkan untuk terus tabah menjalani hidup selanjutnya.

    By Blogger ibu aci, at 9:41 AM  

  • Mona..kita bertiga turut berduka cita ya..
    Pastinya papa Dony diberi tempat yg terbaik disisinya.
    Salut banget ngebacanya..Mona dan Raul kuat banget, dan papa Dony juga perginya bener2 dalam keadaan yg sudah siap.
    GBU all.

    By Blogger Raquel Brenda, at 9:46 AM  

  • innalillahi....say dan keluarga turut berduka cita berpulangnya papa dari Raul...semoga dilapangkan tempat peristirahatannya, diterima semua amal baiknya dan ditempatkan bersama para kekasihNya...
    Mona dirimu kuat banget ya...salut....dan papa Dony pasti tenang disana, krn istrinya seorang wanita yg hebat...

    By Blogger Bunda Faikar, at 9:52 AM  

  • Mudah2an dilapangkan jalannya, diterima semua amal baiknya.
    Buat Raul dan mamanya sabar ya, kalian hebat bisa menghadapi semuanya.

    Anisa-Safa

    By Anonymous Anonymous, at 10:12 AM  

  • Ceu big hugs!pen nangis nih tp gk bole ma aul. Mdh2an Pa2 Doni mendapat t4 yg mulia disi2 Allah. Sing sabar n tabah ya ceu. Sy lg cuti neh.. Dah 2 hari

    By Blogger El van, at 12:08 PM  

  • Ceu big hugs!pen nangis nih tp gk bole ma aul. Mdh2an Pa2 Doni mendapat t4 yg mulia disi2 Allah. Sing sabar n tabah ya ceu. Sy lg cuti neh.. Dah 2 hari

    By Blogger El van, at 12:08 PM  

  • Pingin nangis bacanya....Papa dony pergi dgn tenang yah..Moga dpt t4 yg terbaik disisi allah swt amin...

    Mona 'n Aul hebat kuat 'n tegar hadapi semuanya....sun wat aul

    By Anonymous Anonymous, at 12:21 PM  

  • Subhanallah, daku bener-bener kagum Mon ama dirimu. Alm.Papa Dony bener beruntung punya istri spt Mona.

    By Blogger Nia, at 1:47 PM  

  • Aku ngga kuat nahan air mata neh..boleh kan..
    habis antara terharu melihat Mba Mona yg setia setiap saat disisi almarhum.
    Sykurlah almarhum pergi dengan senyum dan sangat tenag...Allah pasti mengampuni semua dosa-dosanya.

    By Anonymous Anonymous, at 8:14 PM  

  • Mona.... berhari2 mantengin blog ini..akhirnya dtg jg postingan ygditunggu. ygkuat yah mon...smg semuanya lancar...

    By Blogger Wina, at 10:31 PM  

  • Assalamu'alaikum,Salam kenal yah..aku tau beritanya waktu dpt offline message berantai dri mba gege...Semoga alm.papa dony di terima disisiNya (khusnul khotimah), Dan Mona yg sabar dan kuat, tugas membesarkan Raul agar mjd tabungan papa dony mjd anak yg sholeh...sll mendoakan ayahnya..

    salam hangat dari kami,

    -bossows family-

    By Blogger Ummu Aisyah, at 5:42 PM  

  • mbak mona...aku terharu banget baca postingannya, alhamdulillah papa doni perginya dalam keadaan khusnul khotimah....mbak dan raul...hidup masih lebar membentang...semangat yah...dan doakan selalu papa doni...

    By Blogger angin-berbisik, at 10:32 AM  

  • sama seperti mbak wardha... Za juga belom pernah mengenal Mbak Mona sebelumnya...

    Tapi, subhanallah seklai mbak... Za ga tau mesti bilang apa... You are amazing, Mbak...

    Mas Dony pasti bahagia mempunyai istri kayak Mbak

    *LUv

    By Blogger Za, at 3:35 PM  

  • aduh mona...aku sedih banget baca postingannya.......tapi aku yakin , mona ...kuat dan tegar.......dan papanya Raul pasti bangga punya istri dan anak seperti mona dan Rauf......

    By Blogger Fitri3boys, at 1:03 PM  

  • Subhanallah... meninggalnya bagus banget papa doni, mudah2an kita bisa meninggal dengan husnul khotimah seperti papa doni, Amin...

    By Anonymous Anonymous, at 4:15 PM  

Post a Comment

<< Home